Home » » Cara Praktis Berhenti Merokok Dengan Mudah Dan Praktis

Cara Praktis Berhenti Merokok Dengan Mudah Dan Praktis

Written By tidakmerokok on Rabu, 12 Juni 2013 | 15.12

Cara Praktis Berhenti Merokok Dengan Mudah Dan Praktis 
Cara Praktis Berhenti Merokok Dengan Mudah Dan Praktis
Saya adalah seorang perokok aktif yang sudah lima tahun menghabiskan 1 bungkus rokok / hari . Awal mula saya merokok kertika saya masih SMA kelas 3 . Kenal rokok dari teman. Awalnya cuma ikut-ikutan dan iseng semata. Tetapi lama kelamaan karena efek nikotin saya jadi pecandu rokok. Dimanapun dan dalam suasana apapun , rokok selalu menjadi teman setia saya dan selalu saya hisap dalam kondisi apapun. Misalkan nih waktu sehabis makan kalau tidak merokok , rasanya kurang lengkap. Nongkrong sama temen kalau tidak pake rokok tidak efektif dan kurang asik. Selama merokok efek yang ditimbulkan dari rokok lama kelamaan sudah terasa dan sangat berpengaruh terhadap kekuatan tubuh saya . Kebetulan saya adalah penggemar olah raga futsal dan rutin bermain futsal setiap selasa malam. Sebelum saya merokok, kecepatan lari saya bisa kencang dan fisik selalu prima, dan setelah lama saya bergelut dengan rokok, baru bermain 15 menit saja fisik saya terkuras dan efek ke nafas pun menjadi lebih berat ketika mengamil udara dibandingkan sebelum saya mengenal rokok. Setiap pagi hari, batuk pun tidak terhindarkan , dan itu selalu terjadi berulang-ulang. Walaupun demikian , kebiasaan merokok saya tetap saya jalankan karena masih terpengaruh lingkungan sekitar dan belum sadar tentang apasih bahaya rokok itu. Suatu saat saya berpikir, "jika saya tetap melanjutkan kebiasaan merokok saya, maka akan berakibat fatal bagi tubuh saya" . Akhirnya saya berfikir , alangkah baiknya jika saya hidup tanpa rokok. Alhasil saya memutuskan untuk tidak merokok lagi.


Oke... , Berhenti merokok... hemmm... kata yang mudah menurut saya tetapi sulit untuk diaplikasikan ke dunia nyata... Dan penderitaan baru saja dimulai , bukan disaat kita pas waktu merokok, melainkan penderitaan yang dialami ketika kita berhenti merokok diawal. Nah , disini saya akan bercerita tentang bagaimana caranya saya dapat berhenti merokok total. Siapa tahu cara yang saya gunakan untuk berhenti merokok , dapat memberikan gambaran bagaimana sih cara agar perokok aktif bisa berubah menjadi anti rokok seperti saya saat ini... Bukan bermaksud menggurui atau mengajari, tetapi saya berusaha untuk sekedar sharing tentang apa yang saya alami :)

Berhenti merokok adalah suatu keputusan tersulit bagi perokok yang sudah akut dan sangat susah meninggalkan kebiasaan merokok itu sendiri . Tetapi tenang saya punya sedikit tips untuk teman-teman semua:

1. Tuliskan Tujuan Anda Berhenti Merokok dan Tempelkan
Cara ini saya pakai disaat saya pertama kali melepaskan genggaman saya terhadap rokok. Saya memiliki tujuan ingin hidup lebih sehat . Banyak orang berkata bahwa merokok itu tetap bisa berumur panjang, dan saya berkesimpulan bahwa "kalau perokok bisa berumur panjang apalagi kalau saya bukan perokok " terlepas dari hidup mati hanya Tuhan yang berkuasa. Kata motivasi itu saya tempel dimana saya sering merokok. Di wallpaper handphone pun saya selalu pasang gambar no smoking dan kata motivasi itu. Jadi saya selalu ingat bahwa saya harus berhenti merokok.

2. Berani Mengungakapkan Niat Anda Kepada Orang Lain
Biasanya seorang perokok yang mulai berhenti akan senantiasa diganggu orang yang biasanya merokok bersama anda. Misalkan anda nongkrong atau berkumpul dengan teman anda lalu teman anda bertanya keanda "kenapa tidak merokok?" , nah disini anda harus berani menjawab dan menjelaskan niat anda untuk berhenti (usahakan tidak menyinggung perasaan teman anda)

3. Makan Permen
Awal mula anda berhenti merokok pasti akan terasa asam dimulit kita dan keinginan kita untuk kemali merokok semakin besar. Saya membantunya dengan cara makan permen. Permen rasa apapun akan membantu anda untuk menghindari niat anda merokok.

4. Berolah Raga
Berolah raga adalah cara saya untuk mensiasati waktu luang saya yang biasa saya gunakan merokok. Sekarang dengan Olah Raga , saya sedikit demi sedikit lupa bahwa saya harus merokok. Setelah Berolah Raga

5. Niat Total Bukan Setengah-Setengah
Jangan sampai anda menghisap rokok lagi setelah anda memutuskan berhenti merokok walaupun hanya satu batang, karena satu batang rokok tersebut akan membangkitkan niat anda kembali merokok.

6. Minta Bantuan Dokter
Cara terakhir tidak pernah saya lakukan tetapi saya rekomendasikan untuk teman-teman bila masih sangat kesulitan untuk berhenti merokok walaupun sudah menggunakan tips saya. Dokter punya resep khusus untuk anda yang berniat berhenti merokok


Dengan beberapa tips diatas , saya sudah berhenti merokok , dan saya sudah lupa bahwa saya dulu pernah merokok, dan kehidupan saya leih sehat dibanding waktu menghisap rokok. Nafas kembali lancar , Nafas kembali teratur dan daya tahan tubuh saya semakin membaik. Maka saya merekomendasikan temen-temen semua untuk berhenti merokok. Saya tidak menyalahkan para perokok, saya juga tidak bermaksud untuk mengajari mereka yang merokok dan saya tidak benci dengan perokok. Hidup itu pilihan , dan saya hanya sekedar sharing untuk teman-teman semua yang mungkin ada yang mempunyai niatan berhenti merokok, silahkan ikuti tips saya di atas, mungkin bisa membantu anda dalam misi berhenti merokok anda.

Trimakasih sudah membaca dengan sabar, semoga pengalaman saya bisa menjadi tips bermanfaat.




Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Hidup Sehat : berbahagialah anda yang sehat | karena anda akan lebih indah menikmati hidup | percaya atau tidak , itu sudah terbukti
Copyright © 2013. TIDAK MEROKOK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger